Siap Buka Kelas Internasional, Darmajaya Gandeng UNPAD

Engineering Post

Bandar Lampung – Siap membuka kelas internasional, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menggandeng Universitas Padjajaran (UNPAD) untuk memberikan pelatihan dosen kelas internasional di Laboratorium Information Access Center Darmajaya, 24-26 Juli 2017.

Program international classDarmajaya dibuka untuk jurusan Manajemen mulai tahun akademik 2017/2018. Tim UNPAD yang hadir diantaranya, DirekturTatakeloladanKomunikasiPublik/Kepala Kantor Internasional, Dr.Ade Kadarisman, S.Sos., MT, MSc, SekretarisDirektoratUrusanInternasional, dr.Ronny Lesmana, M.Kes, AIFO, PhD, Staff Kantor UrusanInternasionalIceuNurhayati, Asosiasi Kantor UrusanInternasional Dr. Rosalia Amalia, dan Rurrydari Kantor HubunganMasyarakat (HUMAS) UNPAD.

Pelatihan dosen kelas internasional diikuti Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kepala Program Studi Manajemen, Kantor UrusanHubungan Internasional (KUHI), Darmajaya Language Center (DLC), Training Centre (TC), dosen, karyawan dan Tim Pelaksanakelas internasional.

Pelatihan tersebut membahas tentang pembentukan kelas internasional, pengembangan KUHI, DLC, Training Centre termasuk pengembangan program kerja, dan standard operating procedure (SOP).

dr. Ronny mengapresiasi upaya internasionalisasi yang dilakukan Kampus Darmajaya dengan membuka kelas internasional. Menurutnya, negara asing saat ini tengah gencar mempersiapkan sumber daya manusia dengan kualitas global. Jika Indonesia tidak bersiap, maka akan tertinggal beberapa langkah dibelakang negara lain. Karena itu, membuka kelas internasional di perguruan tinggi merupakan 1 langkah penting untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Internasionalisasi bukanlah pilihan antara mau atau tidak, tetapi menjadi tuntutan. Kita harus meningkatkan kemampuan internasional untuk mampu bersaing secara global. Jika tidak, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan persaingan global saat ini lulusan kita hanya bisa menjadi penonton di negeri sendiri,” ujarnya.

dr. Ronny mengungkapkan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad menyediakan program Sarjana Kelas Internasional (IUC) sejak Tahun Akademik 2008/2009. Diungkapnya, membuka kelas internasional harus siap secara utuh disemua support sistem khususnya tingkat universitas, prodi fakultas, dan mahasiswa.

“Kami di Darmajaya berbagi masalah-masalah yang telah Unpad lalui dalam membuka kelas internasional. Harapannya agar Darmajaya punya gambaran terhadap permasalahan tersebut sehingga tidak jatuh di lubang yang sama,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengatakan, jurusan Manajemenmemiliki kesiapan sumber daya manusia, khususnya tenaga dosen untuk mendelivery seluruh materi perkuliahan dalam bahasa Inggris.Program international class Darmajaya terbuka bagi mahasiswa dalam negeri dan luar negeri khususnya Asia Tenggara.

“Nantinya, mahasiswa di kelas internasional akan didorong dan direkomendasikan untuk mengikuti program internasional seperti student mobility, Passage to ASEAN, joint research, dan lainnya. Pada saat menyusun skripsi, mahasiswa kelas internasional juga mendapat dosen pembimbing dari perguruan tinggi mitra luar negeri,” tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *